BEASISWA PUSAKA

Beasiswa_Pusaka

Beasiswa Pusaka ditujukan untuk membiayai siswa yang memiliki keinginan untuk bersekolah hingga jenjang SMA namun terhimpit masalah ekonomi. Dalam program beasiswa ini pun dilakukan pendampingan (mentoring) secara personal bagi para penerima Beasiswa Pusaka dengan tujuan untuk memotivasi para penerima beasiswa agar melanjutkan hingga tahap sarjana. Selain itu, akan diadakan pembekalan agar para penerima beasiswa mampu mengelola mendampingi adik-adik juniornya yang tergabung dalam program yang sama dan diharapkan agar para penerima beasiswa Pusaka dapat menjadi pengurus Taman Bacaan.
Adapun kegiatan-kegiatan dari program ini ialah sebagai berikut:

1. Sosialisasi Beasiswa Pusaka
Tim Menyapa Indonesia PK-55 (Hayu Sakola) bekerja sama dengan perangkat desa dan guru untuk mengundang warga menghadiri sosialisasi. Dalam sosialisasi ini dipaparkan maksud dan tujuan dari program beasiswa pusaka serta teknis pendaftaran beasiswa pusaka dan komponen biaya yang ditanggungnya.

2. Mengambil Data Calon Penerima Beasiswa
Calon penerima Beasiswa Pusaka adalah siswa yang ingin namun tak mampu secara ekonomi melanjutkan ke SMA.
Dalam kegiatan ini, tim Hayu Sakola bekerja sama dengan kepala sekolah dan wali kelas SMP untuk mencari data calon penerima beasiswa serta melakukan pengecekan ulang nama-nama calon penerima beasiswa dengan Ketua RT setempat.

3. Wawancara Dengan Para Calon Penerima Beasiswa dan Keluarganya
Tim Hayu Sakola mendatangi rumah siswa calon penerima beasiswa pusaka kemudian melakukan wawancara dengan siswa dan orang tua di ruangan terpisah. Sasaran dari kegiatan ini adalah mendapatkan 15 penerima Beasiswa Pusaka pada tahun pertama, 30 pada tahun kedua dan pada tahun ketiga diharapkan seluruh siswa yang mau namun tak mampu dapat bersekolah hingga SMA.

4. Pemberian Beasiswa Pusaka/Pencairan Dana Beasiswa Pusaka
Tim Hayu Sakola memberikan Beasiswa Pusaka kepada penerima yang telah lolos dari hasil seleksi wawancara. Pada kegiatan ini dipaparkan teknis mengenai catatan pengeluaran yang dikumpulkan setiap akhir bulan kepada Tim Hayu Sakola oleh penerima Beasiswa Pusaka serta pemberian form catatan pengeluaran tersebut. Selain itu, pada kegiatan ini juga diberikan emberitahuan tentang adanya program pelatihan untuk para penerima beasiswa.

5. Kelas Motivasi
Kegiatan ini ditujukan kepada para penerima Beasiswa Pusaka secara khususnya dan seluruh warga maupun siswa SMP dan SD yang berminat secara umumnya.
Setiap penerima Beasiswa Pusaka diwajibkan untuk membuat resume kelas motivasi. Kegiatan ini berlangsung 1x setiap bulan dengan memberdayakan awardee LPDP dari semua PK untuk mengisi kelas motivasi serta mengundang pembicara inspiratif dari pihak luar. Kegiatan ini dapat berupa sharing bersama, layar tancap yang sarat akan nilai-nilai kebangsaan, kenegaraan, nasionalisme, agama, moral serta pendidikan dan ilmu.

6. Mentoring oleh Awardee LPDP
Pada kegiatan ini, setiap penerima Beasiswa Pusaka mendapatkan seorang mentor dari pihak awardee PK-55 LPDP. Setiap minggu terdapat 3 kali pembicaraan yang terekam (screenshoot) dengan para murid. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan perhatian pada performa pelajaran sekolah bagi penerima Beasiswa Pusaka dengan cara bertukar pengalaman, sharing melalui media sosial maupun pesan singkat ataupun email.

7. Pelatihan Soft Skill bagi Penerima Beasiswa
Kegiatan ini dilaksanakan 1x setiap bulannya dengan bekerja sama dengan organisasi pendidikan anak-anak untuk melakukan pelatihan soft skill terhadap para penerima Beasiswa Pusaka sehingga mereka tidak hanya mumpuni dalam bidang akademis namun juga memiliki kematangan dalam soft skill sebagai bekal untuk masa depan.

Demikian program Beasiswa Pusaka dari Menyapa Indonesia PK-55 (Hayu Sakola). Melalui hayu sakola, mari sebarkan inspirasi dan ayo berkontribusi!

Menyapa Indonesia
Untuk Indonesia Gemilang
——————————————————-
Info lebih lanjut tentang MI PK-55 di
FB: Pusaka Nusantara
Twitter: @jagoanmuda55
IG: @pusakanusantara.pk55

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *