Pelatihan Softskill Program Beasiswa Hayu Sakola

Pelatihan Soft Skill ke 3

Pada hari Sabtu tanggal 29 Oktober 2016 dilakukan pelatihan softskill ke-tiga di Desa Ciburuy. Kegiatan pelatihan kedatangan dua peserta baru tetapi ada juga peserta yang hadir saat pelatihan kedua tidak datang pada pelatihan kali ini. Ketidakhadiran tersebut dikarenakan ada aktivitas lain di sekolah sehingga tidak memungkinkan untuk mengikuti pelatihan kali ini. Namun untuk penerima beasiswa ‘Hayu Sakola’ dapat hadir semua. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh 12 peserta. Kegiatan diawali dengan melakukan tarian ‘Mori-Mori’ untuk mengikuti kegiatan pelatihan. Tarian ini dilakukan agar peserta bersemangat. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan review materi sebelumnya. Review dilakukan dengan menanyakan apakah tugas yang diberikan sebelumnya telah dikerjakan, atau adakah pertanyaan mengenai tugas tersebut.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi softskill, yaitu Goal Setting. Peserta diajak berdiskusi mengenai makna dari Goal Setting kemudian diajak untuk melakukan suatu permainan yang bernama “Mencari Harta Karun”. Dalam permainan ini, peserta dibagi menjadi tiga kelompok dan diminta untuk mencari harta karun yang berada di dalam amplop. Ketiga kelompok mendapatkan petunjuk yang berbeda-beda, satu kelompok mendapatkan petunjuk yang jelas, satu kelompok mendapatkan petunjuk agak jelas, dan kelompok terakhir mendapatkan petunjuk yang tidak jelas. Setelah kelompok dengan petunjuk yang jelas memperoleh harta karunnya, dilakukan diskusi mengenai permainan tersebut. Tujuan dari permainan ini adalah peserta memahami bahwa untuk mencapai sesuatu diperlukan langkah yang jelas untuk memperolehnya, dan dapat menjadi motivasi untuk peserta menentukan tujuan hidupnya.

Selanjutnya peserta diminta untuk menceritakan cita-cita kelompoknya dan alasan kenapa memilih cita-citanya tersebut. Kemudian peserta diminta untuk menceritakan kembali cita-cita dari teman-temannya tersebut. Setelah itu diberikan penjelasan bagaimana untuk menentukan goal setting yang disimpulkan dari diskusi mengenai cita-cita peserta tersebut. Untuk menentukan goal setting digunakan rumus “SMART”, yaitu Specific, Measurable, Achievable,Relevant, dan Timely. Penyampaian rumus SMART ini dilakukan dengan melakukan gerakan tertentu agar peserta dapat mudah memahami maksudnya. Setelah itu peserta dipersilakan untuk melihat video motivasi mengenai goal setting.

Pada akhir kegiatan peserta diajak untuk ice breaking dengan melakukan suatu permainan. Hal ini dilakukan agar peserta tidak merasa tegang. Kemudian peserta diminta untuk melakukan latihan goal setting di rumah. Latihan dilakukan dengan menentukan tujuan yang ingin dicapai setiap minggunya dan melaporkan apakah tujuan tersebut tercapai atau tidak.

Selama pelatihan, peserta sangat antusias dalam mengikuti berbagai sesi dan kegiatan pelatihan diakhiri pukul 17.00 WIB dengan foto bersama. Foto bersama ini juga mengabadikan momen ucapan ‘Selamat Hari Uang Republik Indonesia ke-70’ yang disampaikan oleh perwakilan awardee BPI LPDP Kemenkeu RI Angkatan 55 (Pusaka Nusantara) dan para penerima beasiswa ‘Hayu Sakola’ beserta seluruh peserta pelatihan.

Melalui program ‘Hayu Sakola’, mari sebarkan inspirasi dan ayo berkontribusi!

Menyapa Indonesia
Untuk Indonesia Gemilang
———————————————————
Ikuti cerita terbaik kami lainnya di
Website: http://menyapa-indonesia.com
IG: menyapanesia | http://bit.ly/1SfNcy7
Twitter: @menyapanesia | https://twitter.com/menyapanesia

Info lebih lanjut tentang MI PK-55 di
Website: www.pusaka-nusantara.org
FB: Pusaka Nusantara
Twitter: @jagoanmuda55
IG: @pusakanusantara.pk55

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *