Arti Pusaka Nusantara

PK-55 PUSAKA NUSANTARA

Generasi Pusaka, “Obat” bagi “Penyakit” Bangsa Indonesia

PUSAKA NUSANTARA adalah nama yang diberikan para penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) untuk angkatan PK-55 tahun 2015/2016. Nama PUSAKA NUSANTARA dipilih setelah melalui proses perumusan dan pemilihan melalui musyawarah mufakat antar anggota PK-55. Nama ini muncul dari niat awal untuk mengusung tema salah satu warisan budaya Indonesia yaitu obat herbal tradisional dari seluruh penjuru Nusantara.

Telah lazim diketahui bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan warisan  budaya, termasuk di dalamnya warisan budaya herbal medis. Namun seiring dengan bergulirnya waktu, warisan kekayaan intelektual bangsa tersebut semakin tergerus oleh kemajuan zaman. Untuk itu, kami di PUSAKA NUSANTARA berniat mengingatkan kembali masyarakat akan warisan intelektual tersebut melalui tema PK yang kami usung. Kami ingin ambil bagian dalam usaha mengedukasi masyarakat mengenai kebanggaan akan warisan budaya sekaligus edukasi mengenai manfaat obat-obatan herbal itu sendiri. Jika bukan anak bangsa kita sendiri yang merawat warisan itu, maka siapa lagi?

PUSAKA NUSANTARA terdiri dari kata Pusaka yang menurut KBBI berarti “harta benda peninggalan orang yang telah meninggal, warisan, barang yang diturunkan dari nenek moyang”; dan Nusantara yang berarti “seluruh pulau dari Sabang sampai Merauke”. Nama PUSAKA NUSANTARA ini adalah sebuah doa dan harapan dari semua anggota PK-55 bahwa setiap anggotanya akan mampu mengemban tugas menjadi pribadi-pribadi yang terus menjaga serta melesarikan warisan nenek moyang dan kearifan lokal Indonesia; menjadi Generasi Pusaka.

Kata Pusaka yang juga bermakna ampuh dan jitu, mewakili niat kami untuk mewujudkan Generasi Emas 2045 yang dicanangkan oleh Pemerintah. Pusaka juga memiliki kemiripan makna dengan pamungkas, dimana ini menggambarkan niat kami untuk menjadi generasi pamungkas dalam mengoptimalkan bonus demografi yang dimiliki Indonesia. Tema obat tradisional yang diangkat ini juga bermakna filosofis sebagai sebuah doa agar kiranya kami mampu menjadi obat (kekuatan) untuk menjawab berbagai penyakit (tantangan) yang dihadapi bangsa kita. PK-55 PUSAKA NUSANTARA dibayangkan sebagai ramuan obat-obatan dari penjuru kepulauan Indonesia yang bersinergi menjawab tantangan-tantangan Indonesia di masa depan.