DjamoeFest

PK-55 Pusaka Nusantara proudly presents

DJAMOE FEST

Menjamukan Dunia !

Minggu, 14 Februari 2016

Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Pusaka Nusantara

Free Entry!

About Djamoe Fest

Alam Indonesia termasuk yang kaya akan berbagai tumbuh-tumbuhan dan rempah-rempahan. Sebelum berkembangnya ilmu pengetahuan, leluhur Indonesia telah menemukan cara sehat mereka dengan memanfaatkan kekayaan hasil tanah nusantara. Minuman herbal adalah salah satunya.

JAgoan MUda! JaMu! Merupakan kearifan lokal warisan leluhur nusantara yang hingga saat ini misteri manfaat dan khasiatnya masih menarik perhatian orang-orang dari luar Indonesia.

Dengan DjamoeFest, PK-55 Pusaka Nusantara mempersembahkan sebuah festival yang terinspirasi herbal Indonesia. Mengangkat tema ‘sehat dengan kearifan lokal Indonesia’, DjamoeFest menawarkan serangkaian acara di bidang jamu-jamuan, herbal, dan hubungannya di bidang kesehatan.

Festival Minuman Tradisional

Sudahkah kalian mengenal minuman herbal nusantara? Melalui festival minuman tradisional akan dipamerkan jamu dari berbagai daerah Indonesia. Akan disuguhkan Mini Bar Jamu dan Talkshow bertemakan manfaat jamu bagi kesehatan yang selama ini banyak menjadi perdebatan secara ilmiah.

Mini Bar Jamu Nusantara

Stand Mini bar Jamu Nusantara akan menyediakan berbagai pilihan menu jamu yang masih belum populer dan juga stand UKM jamu. Akan tetapi, adanya stand jamu ini akan terasa kurang sempurna apabila tidak disemarakkan oleh figur yang begitu lekat dengan jamu. Sosok figur itu adalah Mbok Jamu. Maka dari itu, kami juga turut mengundang para Mbok Jamu yang akan mewarkan jamu-jamuan populer untuk para pengunjung.

Selain berbagai jenis jamu, stand ini juga menyediakan berbagai jenis jajanan serta minuman khas daerah dari seluruh nusantara. Semua jenis jajanan serta minuman khas daerah ini akan dilengkapi dengan deskripsi yang akan ditulis langsung oleh pemuda daerahnya sehingga dapat membantu pengunjung untuk mengenal lebih detil jajanan/minuman khas tersebut.

Waktu pelaksanaan : 07.00 – 13.30 WIB

Lokasi : Area outdoor Gedung Kemendikbud

Acara ini terbuka untuk masyarakat umum.

Talkshow

Talkshow kali ini akan mengangkat tema “manfaat jamu bagi kesehatan” dengan menghadirkan dr. Andika Widyatama (Abang Jakarta Pusat 2013)* sebagai moderator dan Prof. Dr. dr. Erni Hernawati Purwaningsih, MS, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai pembicara, serta Marissa Haque dan Isabella Fawzi sebagai bintang tamu.

Jamu Indonesia Peduli Kesehatan

Kami para JAgoan MUda Indonesia peduli terhadap kesehatan dengan memberikan layana pengobatan gratis yang mencakup pemeriksaan awal, pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan asam urat, serta konsultasi dokter. Selain itu akan diselenggarakan pula donor darah dan pelatihan Basic Life Support.

Pengobatan Massal Gratis

Kegiatan pengobatan massal terdiri dari pemeriksaan kesehatan oleh dokter dan pemeriksaan kadar gula darah/kolesterol/asam urat

Target peserta                        : 75 orang (maks. 100 orang)

Waktu pelaksanaan    : pukul 07.00-11.00 WIB

 Stand Donor Darah

Kegiatan donor darah dilakukan bekerja sama dengan Unit Donor Darah (UDD) PMI Sukabumi.

–     Target peserta                  : 70 orang

–     Waktu pelaksanaan          : pukul 07.00-11.00 WIB

Pelatihan Basic Life Support (Bantuan Hidup Dasar)

Kegiatan pelatihan BLS dilakukan untuk awam dalam 4 kelompok didampingi instruktur dan partnernya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan edukasi terkait Bantuan Hidup Dasar.

Sasaran                       : anak SMA yang ada di Jakarta

Target peserta            : 24 orang

Waktu pelaksanaan    : pukul 09.00-11.30 WIB

Jamu Indonesia Peduli Pendidikan  

Bentuk sosialisasi terhadap kesempatan-kesempatan meraih pendidikan yang terbaik, dalam DjamoeFest akan diadakan simulasi IELTS bekerja sama dengan IDP, stand-stand pendidikan dari @america, Kementerian Riset dan Teknologi, Institute Francaise, dan Japan Foundation.

IELTS Simulation

Kegiatan ini berupa simulasi tes IELTS (tanpa speaking dan writing) yang pelaksanaannya akan didukung International Development Program (IDP). Simulasi ini akan diselenggarakan di Area indoor lantai 3, Auditorium Gedung Kemendikbud, pukul 08.15 – 10.15 WIB dan terbatas hanya untuk 50 orang.

 Stand Lembaga Pendidikan Luar Negeri

Stand ini akan hadir di area outdoor Gedung Kemendikbud pukul 07.00 – 13.30 WIB dan terbuka untuk masyarakat umum.

 Aneka Kesenian dan Hiburan

DjamoeFest juga akan dimeriahkan dengan hiburan yang seperti kolaborasi tarian tradisional dalam flashmob yang tentu saja bertemakan jamu, photobooth, dan mystery guest yang pastinya akan membuat keseluruhan acara menjadi semakin seru.

Penasaran kan ? Apalagi yang kalian tunggu? DjamoeFest menunggu kalian!

“Sebab mencintai tanah air adalah merasa jadi bagian dari sebuah negeri, merasa terpaut dengan sebuah komunitas, merasa bahwa diri, identitas, nasib, terajut rapat dengan sesuatu yang disebut Indonesia..”
– Goenawan Mohamad-