Tentang Kami

logo_pk55

Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)

PK-55

Pemerintah Indonesia menyadari betul bahwa membangun sebuah negara yang kuat bukan hanya melulu tentang bagaimana memanfaatkan dan mengolah sumber daya alam yang dimiliki, akan tetapi sebuah negara juga butuh figur-figur kepemimpin masa depan yang siap, profesional, berintegritas dan memiliki jiwa kepemimpinan, sehingga mampu menghimpun segala potensi masyarakat demi membawa Indonesia mengarungi lautan persaingan dengan negara-negara lain. Sosok kepemimpinan seperti ini diharapkan mampu menjadi teladan bagi masyarakat, dan pada gilirannya, akan mampu menggerakkan daya cipta bangsa menuju Indonesia yang lebih bermartabat.

Demi tujuan mempersiapkan calon-calon pemimpin masa depan bangsa kita, pemerintah memberikan beasiswa pendidikan melalui LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan). Misi utama LPDP adalah mempersiapkan pemimpin dan profesional masa depan melalui pembiayaan pendidikan. LPDP mewujudkan misi tersebut dalam bentuk pemberian beasiswa pendidikan untuk Program Master (Strata II) dan Doktoral (Strata III) kepada para calon pemimpin masa depan Indonesia yang akan dikirim menuntut ilmu ke berbagai universitas terbaik di dunia.

LPDP yang didirikan pada 30 Januari 2012 hingga kini telah memberangkatkan belasan ribu pemuda-pemudi pilihan ke luar negeri. Pemuda-pemudi itu diberangkatkan dalam kelompok-kelompok terpisah, dan setiap kelompok diwajibkan mengikuti Persiapan Keberangkatan (PK). Kegiatan PK berisi materi penguatan pola pikir dan penanaman nilai-nilai (values) agar dapat menjunjung tinggi idealisme, integritas, kemandirian dan memiliki pengaruh dalam kehidupan bermasyarakat dan memiliki komitmen untuk berusaha menjadi pemimpin masa depan Indonesia.

Kami, PK-55, adalah salah satu dari kelompok-kelompok tersebut.  PK-55 terdiri dari 120 awardee yang mengikuti seleksi LPDP pada Gelombang IV tahun 2015 yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, Kami menamai angkatan kami dengan “PUSAKA NUSANTARA”.

Pusaka berarti harta benda, warisan, atau barang yang ditinggalkan oleh pendahulu. Sedangkan Nusantara berarti kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke, yang sekarang dikenal dengan nama Indonesia. Dari filosofi penamaan tersebut, kami berkeinginan untuk menjadi generasi pusaka, generasi yang siap menyongsong masa depan namun dengan tidak melupakan nilai luhur dan kearifan lokal yang diwariskan para pendahulu bangsa. Hal tersebut juga berkesesuaian dengan tema PK yang kami usung yaitu obat herbal tradisional atau jamu khas Indonesia.